21 April 2009

UN and so on...


Oooiii... buat nak2 kelas 9 SMP jgn sampai lengah pada tanggal 27 s.d, 30 April, udah tau khan? Si UN itu loh. Ada orang yg menganggap UN itu sangat penting karena bila NEM-nya (Nilai Ebtanas Murni) sangat bagus, maka ia dapat 'melayang-layang' di SMA mana saja [meskipun pake tes]. Ada juga yg beranggapan bahwa UN itu hanya sebatas 'selingan' saja karena tidak mencerminkan kemampuan sebenarnya dari seorang pesertanya. Ya aku sich bingung milih pendapat yg mana. Kalo berdasarkan nilai UN sich enak ya, kalo daftar di sana-sini 'agak' lancar. Tapi kalo pendapat yg kedua aku jg agak setuju, karena yg diujikan dlm UN hanyalah empat pelajaran (B.Ind, B.Ing, Mat, IPA) dan itu ada satu yg aku gk 'terlalu' bisa. Yach..namanya aja pendidikan, temen2ku pada "ellol" (eh, error) kalo diforsir belajarnya.

Pendidikan di Indonesia itu tergolong hal yg 'ribet'. Kenapa? Wah, kalau disebutkan sih buanyak banget, tapi pastinya yg pertama adalah masalah DANA. Aku baru saja liat iklannya Depdiknas kalo sekolah 2009 tu gratis. Lalu buktinya mana? Sekolahku masih bli buku di toko, banyak mbayar yg sukanya nagih disaat kocek bolong. Apalagi BSE yg gak efektif karena harus pake internet & komputer (lha kalo yg gak punya komputer..) dan blum nge-printnya. Tapi gk pa2 lah, karena 2009 masih berjalan.

(Ngomong lainnya deh..)gigitjari

Sementara itu, dah punya strategi bwat UN pa blom? Kalo blum nih ada strateginya (klo aku ngarti, tapi kalo kamu?)

Pra-ujian

1. Pahami, jangan hafalkan.
2. Ingat inti2nya, kayak rumus, vocab. .
3. Jangan memforsir keadaan, jika udah merasa lelah setelah blajar slama lebih dari 2 jam, berhentilah. Kalo ingin lanjut, berhenti minimal 20-30 menit untuk tiduran.
4. Berdo'a dan giat beribadah pastinya.

Di dalam ujian

1. Sebelum mengerjakan, latih pernafasan terlebih dahulu
2. Rileks, anggaplah di depanmu adalah "cita-cita" yg harus ditulis atau "surat pribadi" yg belum dikirim.
3. Kerjakan dahulu soal yg kamu anggap paling mudah (thx Pak Hartonosenyum)
4. Se-kali2 alihkan pandangan/perhatian ke sisi/tempat lain dan gerak2kan tubuh (tapi jgn brlebihan) agar tidak tegang (nyambung juga ke no.2).
5. Sebelum menyerahkan ke pengawas, pastikan bahwa tidak ada jawaban yg kosong dan LJK kotor.

Pernah lihat garis2 hitam di pinggir2 LJK? Kliatanx biasa aja yah, tapi sebenernya itu PENTING SEKALI. Garis2 itulah yg menghubungkan LJK dg proses scan. Jadi hati2 jgn sampai ada kotoran penghapus/pensil di sana. Kalau ada sich, paling kemampuan scan-nya hanya 70%.

Okey, itulah yg dpt ana sampaikan. Kita semua-lah yg menentukan masa depan bangsa Indonesia... sengihnampakgigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar